Saat ini.. =D

Rabu, 23 Maret 2011

Reportase: Tadabur Alam (TA) SKI SMAN 20 Surabaya... Part 2

Okeh..
Perjalanan peserta Tadabur Alam SKI SMAN 20 Surabaya gag berhenti sampe tidur malam pada hari Jumat 18 Maret 2011. Kegiatan demi kegiatan dilalui para peserta dengan perasaan yang bermacam-macam. mulai dari seneng, ngantuk, sedih, sampai semangat yang menggebu-gebu...

Ada apa di balik perasaan mereka ketika mengikuti tadabur Alam tahun ini?? Apa penyebab dari semua perasaan yang muncul selama kegiatan??

Inilah kisahnya...



Dimulai dari pukul 03.30 wib.. [Sabtu, 19 Maret 2011]
Dari jadwal yang telah disusun oleh panitia, pada pukul 03.30 wib merupakan waktu untuk shalat tahajjud berjamaah. Para peserta TA pun akhirnya bergegas untuk mengambil air wudlu dan bersiap-siap untuk shalat tahajjud berjamaah di aula villa.. Dengan mata yang masih mengantuk [pengalaman pribadi.. hehehehe], akhirnya semua peserta, shalat Tahajjud berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan shalat fajar [kalo gag salah sihh namanya itu.. pokoknya shalat sebelum shalat subuh]. Akhirnya, pada pukul 04.30 wib kita semua selesai menunaikan shalat subuh berjamaah..

Gag sampai disitu kegiatan setelah shalat Subuh...
Untuk melatih keberanian dalam berdakwah, dari peserta cewek [akhwat] dan peserta cowok [ikhwan] harus  ada yang berani untuk unjuk gigi berdakwah di depan teman-teman.. Dengan malu-malu, akhirnya ada juga yang berani untuk ujuk kebolehan dalam berdakwah.. Pada akhirnya, disetiap ba'da shalat magrib dan shalat subuh, diadakan kegiatan  dakwah kecil-kecilan alias kultum [kuliah 7 menit]..

Setelah kegiatan pagi yang diisi dengan shalat berjamaah dan kultum dari peserta Tadabur Alam,, kegiatan selanjutnya adalah olah raga pagi.. Panitia memberikan waktu olahraga pagi lebih kurang 1,5 jam.. Banyak peserta yang memanfaatkan waktu ini untuk stretching alias pemanasan, main sepak bola, jalan-jalan disekitar villa dan juga menikmati alam sekitar sembari mendengarkan musik.

Ibadah sudah, olah raga juga sudah, kegiatan yang satu ini juga gag kalah penting.. Kegiatan ini adalah bersih diri dan sarapan. Peserta yang sudah kelaparan, pada akhirnya langsung sarapan sebelum membersihkan diri alias mandi. Tetapi, ada juga peserta yang membersihkan diri terlebih dahulu sebelum mengisi perut dengan makanan yang telah disediakan. [btw, sarapan pagi waktu itu nasi pecel... hmm.. bener-bener enak deh masakannya.. heheheh]

Kegiatan Tadabur Alam ini bukan murni untuk ajang refreshing saja. Tetapi, kegiatan Tadabur Alam ini merupakan kegiatan untuk belajar managerial, outbond, serta bisa mengenal lebih dekat dengan Allah melalui alam. Oleh karna itu, di sela-sela kegiatan ada beberapa kegiatan materi yang di sampaikan oleh guru-guru dari SMA Negeri 20 Surabaya.

Materi pertama bertema ISLAM. Materi ini disampaikan langsung oleh Pembina SKI SMAN 20, Bapak Syaifullah Qodir. Pada kegiatan materi pertama ini kita membahas tentang, apa itu IMAN?? ISLAM??dan IHSAN?? dan juga membahas, kenapa ISLAM terpecah menjadi banyak golongan?? Semua pertanyaan-pertanyaan itu di kupas tuntas di kegiatan materi pertama.

Kira-kira pukul 10.00 wib, materi pertama pun usai. Acara selanjutnya adalah materi kedua. Pada materi kedua ini, kita membahas tentang ANAK SHOLEH. Materi ini di sampaikan oleh Bapak Mulyono, seorang pengajar di SMAN 20. Pada materi ini, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta TA. Ada yang bertanya, apakah doa kita sampai, jika yang kita doakan adalah orang tua teman kita yang sudah meninggal?? Ada juga yang bertanya, Kalau kita adalah anak yang dibuang oleh orang tua kandung kita, dan akhirnya kita mendo'akan orang tua angkat kita, apakah do'a kita sampai?? Masih banyak pertanyaan-pertanyaan dari peserta TA. Semua pertanyaan di kupas tuntas di materi kedua itu.

Materi kedua pun selesai pada saat masuk waktu shalat dhuhur. Sekitar pukul 11.30, semua peserta berbondong-bondong mengambil air wudlu yang kemudian dilanjutkan dengan shalat dhuhur berjamaah. Karna sudah masuk waktu makan siang, akhirnya kita semua melahap makanan yang telah disediakan oleh panitia.[hmm.. lagi-lagi makanan yang di sediakan enak banget.. hahahaha]

Setelah shalat dan makan siang, kita semua akhirnya di beri waktu istirahat untuk memulihkan tenaga, sekaligus bersiap-siap untuk outbound di sore harinya.. Di waktu senggang ini, banyak yang mempergunakan waktunya untuk bermain, mengobrol, dan juga tidur dikamar masing-masing.

Waktu shalat Ashar pun datang..
Semua bergegas mengambil air wudlu dan menuju aula villa untuk shalat berjamaah. Agenda selanjutnya setelah shalat Ashar berjamaah adalah Outbound... Kegiatan ini merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu para peserta Tadabur Alam. Pada Outbound kali ini, kita harus menyelesaikan tantangan-tantangan yang telah di setting sedemikian rupa oleh para panitia.

Terlebih dahulu peserta TA di bagi menjadi 6 kelompok berbeda. Kemudian masing-masing di beri sebuah bendera yang harus dijaga agar tidak rusak, hilang ataupun kotor. Setiap kelompok wajib menyelesaikan tantangan-tantangan di tiap pos-pos yang ada. Terdapat 4 Post yang harus diselesaikan secara berkelompok.

Pos 1 : Pos Pengorbanan
Pada pos ini, setiap kelompok di berikan waktu 15 menit untuk menemukan semacam password yang digunakan untuk menuju ke pos berikutnya. Hal yang sangat menantang di Pos 1 ini adalah, kita di beri 6 gelas, yang di dalamnya terdapat tepung berwarna putih dan pada salah satu gelas itu, terdapat password yang telah ditimbun oleh tepung. Untuk mendapatkannya kita tidak boleh mengambil dengan tangan, melainkan kita harus meniupnya terlebih dahulu hingga password itu muncul. Akibat meniup tepung dalam gelas itu, wajah para peserta berubah menjadi putih diselimuti tepung.. [wkwkwkwkw XD.. Gokil mamen..].

Pos ini, aku kasih 11 angka dari 10 angka yang ada.

Pos 2 : Pos Kekompakan
Di pos kedua ini, setiap kelompok di berikan kira-kira 8 tali rafia panjang [entah seberapa panjang, pokoknya panjang banget.. hehehe] dan 1 botol air mineral yang terisi air. Kita semua wajib mengikatkan semua tali rafia itu ke botol air mineral tanpa ada simpul yang digunakan. [dimana-mana setahuku kalo ngiket itu pasti pake simpul, -___-]. Hal yang paling menantang di pos ini adalah kita harus mengikatkan 1 botol air mineral yang telah diisi air itu dengan menggunakan tali rafia tanpa simpul apapun, dan selanjutnya membawa botol itu ke tempat yang kira-kira 2 meter di depan kita dengan cara masing-masing anak yang matanya ditutup dengan slayer memegang ujung-ujung tali dan tidak boleh terlepas. Sedangkan salah seorang yang telah dipercaya menjadi pemandu untuk menuju ke sisi yang berbeda itu.

Menurut saya, pos ini berhasil menguji kekompakan kita di dalam sebuah tim. Saya beri 9 angka dari 10 angka yang tersedia.

Pos 3 : Pos Keberanian 
Di pos ini kita diberi tantangan untuk menanyakan nama, alamat, kesan pertama tentang kelompok kami dan juga tanda tangan ke warga sekitar villa. Kemampuan bersosialisasi setiap individu, di uji di pos ketiga ini. Tetapi untuk menyelesaikan tantangan ini dengan sukses, setiap individu harus menghilangkan semua perasaan malu, takut dan sebagainya dalam diri mereka.. Dalam waktu 20 menit kita semua harus mendapatkan 5 nama, alamat, kesan, sekaligus tandatangan dari para warga sekitar.

Pos ini bakal saya kasih 12 angka dari 10 angka yang tersedia. [Gokil abiz men..]

Pos 4 : Pos Kreatifitas
Pos terakhir dan pos terkreatif [ya pasti terkreatif lah.. orang namanya juga Pos Kreatifitas]..Di pos ini kita di berikan waktu 20 menit untuk membuat sebuah karya yang berasal dari tanaman-tanaman di sekitar villa. Pos ini menguji daya kreatifitas dari tiap-tiap kelompok. Hasil karya yang di hasilkan wajib di presentasikan di hadapan kelompok-kelompok lain.

Pos ini aku beri 9 angka dari 10 angka yang ada.

Diakhir kegiatan Outbound kita semua diperintahkan untuk membuka bendera yang diberikan panitia di awal kegiatan, dan ternyata bendera itu merupakan sebuah gambar yang jika di gabungkan dengan potongan-potongan yang lain akan menjadi sebuah gambar masjid SMAN 20.

Dari semua game yang ada dapat di simpulkan bahwa kita harus menjaga semangat kita untuk membangun ISLAM di Organisasi SKI kita ini. Untuk menggapai tujuan tersebut, kita memang disuguhi dengan tantangan yang bermacam-macam. Tetapi kita harus dapat melalui itu semua.

Kegiatan Outbound pun selesai bersamaan dengan masuknya waktu shalat Maghrib. Dan akhirnya kita semua berwudlu dan shalat berjamaah dengan rasa senang di hati. Shalat Maghrib dilanjutkan dengan tartil Al qur'an. Membaca beberapa surat Al Quran menjadi penutup dari kegiatan Shalat Maghrib berjamaah hari itu.

Setelah berkegiatan ria, rasa lapar pun mendatangi para peserta Tadabur Alam. Akhirnya dengan lahapnya para peserta melahap makan malam saat itu. Perut kenyang, mata pun berat untuk di buka [ngantuk maksudnya..]. Sebenarnya Ada Acara yang menunggu kita semua, tetapi karna melihat kondisi peserta yang sudah kelelahan, akhirnya panitia men-cancel Acara Api Unggun itu..

Dan hari itu pun berakhir dengan perut kenyang dan rasa kantuk yang menghantui peserta TA.


Bersambung :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar